3 Fakta Baden Pawell, Bapak Pramuka Sedunia

Salam Pramuka!!

Halo semua pembaca setia artikel pramuka SMKN 1 Blitar, kali ini kita akan membahas 3 fakta Baden Pawell. Simak artikel nya sampai habis siapa tau kamu dapat wawasan baru hehe.

  1. Pramuka hanya untuk laki-laki

Pada awal tahun 1908, Baden Powell selalu menulis cerita tentang  pengalamannya  sebagai  bungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya itu  kemudian  terbit  sebagai  buku “Scouting for Boys”. Buku ini cepat tersebar ke seluruh Negeri  Inggris  bahkan ke Negara-negara  lainnya dan berdirilah dimana-mana organisasi kepramukaan (yang semula hanya untuk laki-laki berusia penggalang) yang disebut Boy Scout.

Setelah kemah nasional 1909 berhasil menarik 11.000 anak laki-laki, timbul keinginan dari anak perempuan untuk ikut serta. Akhirnya, pada 1910, pramuka tersedia pula untuk anak perempuan dan diasuh oleh saudari Baden Powell, Agnes-Baden Powel

2. Anak  Seorang Professor  Universitas  Oxford

Foto Baden Powell

Dilansir dari laman resmi scout.org,  Baden Powell  lahir  di Paddington,  London,  pada tanggal 22 Februari 1857. Ia merupakan anak ke-8 dari 10 bersaudara. Ibunya bernama Henrietta Powell, sementara sang ayah bernama Baden, seorang profesor di Universitas Oxford. Namun, sang ayah meninggal dunia ketika ia berusia tiga tahun.

3. Pramuka  Awalnya   Hanya  20 Orang

Pada 1907, Robert Baden-Powell melakukan percobaan perkemahan bersama 20 anak laki-laki yang berasal dari berbagai latar belakang.

Robert Baden-Powell mengajar tentang berkemah, observasi, deduksi,  kerajian  kayu,  berperahu,  dan lain- lain.

Secara internasional, gerakan Kepanduan disebut Scouting atau Scout Movement. Awal mulanya gerakan ini dicetuskan seorang anggota angkatan darat di Inggris Robert Baden-Powell.

Kemudian secara bertahap gerakan Kepanduan mulai tersebar ke seluruh  dunia  hingga di Indonesia. Hari lahir Robert Baden-Powell pada tanggal 22 Februari diperingati  sebagai  Hari Pramuka  Internasional.  Dia lahir di London pada 22 Februari 1857.

Itulah 3 Fakta tentang Baden Pawell. Semoga artikel kali ini menginspirasi  semua  anggota  pramuka  agar lebih semangat mengikuti kegiatan kepramukaan. Sekian dulu, nantikan artikel dari kami selanjutnya.

Salam Pramuka

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai